Motivasi merupakan daya kakuatan seseorang untuk melakukan suatu hal dengan tujuan mewujudkan apa yang ia inginkan. Menurut teori Maslow, seseorang termotivasi karena untuk memenuhi hierarki kebutuhan dasar dari sandang, pangan, papan, dan pangan, sampai kebutuhan dasar pada hierarki tertinghi yaitu aktualisasi diri. Saya sebagai manusia dalam masa perkembangan dewasa awal mengaktualisasikan diri saya sebagai mahasiswa.
Selain teori Maslow, teori Gellerman mengatakan bahwa seseorang akan termotivasi melakukan suatu hal itu harus dipaksa untuk melakukan lebih dark biasanya.  Ketika says berkeinginan untuk mendalami hadist dan ilmu hadist (setara dg strata 1) secara tidak langsung saya dipaksa untuk berfikir lebih keras dari biasanya dan menyibukkan waktu lebih banyak dari sebelumnya. Jika teman-teman bisa memanjakan diri selepas subuh dan isya', saya harus menatap khat2 selama 1,5 jam. Jika teman-teman Sudan selesai mengerjakan tugas jam 12 malam,  saya baru mulai mengerjakan tugas jam 11 malam. Jika teman-teman bisa Japan setelah kuliah,  says harus menyetor hafalan.
Di atas merupakan faktor intrinsik yg memotivasi diri saya untuk mewujudkan cita-cita saya. Serta mewujudkan satu demi satu "plan" yang telah saya buat. Selain itu, ada faktor ekstrinsik yang selalu membuat saya termotivasi adalah Rasulullah saw. Dan para sahabat serta para ahlul 'ilmi. Para ahlul 'ilmi rela menempuh jarak berkilo-kilo meter demi memperoleh satu hadist,eninggalkan keluarganya untuk belajar. Demikian yang sedang saya jalani saat ini.
Kata syekh Thanthawi, seorang ulama besar dari Makkah mengatakan bahwa ikatan yang abadi adalah ikatan antara hamba dengan Tuhannya, maka beliau rela meninggalkan keluarganya dan melepaskan anak-anaknya untuk memperoleh ridha-Nya.
Yang ketiga adalah orang tua, merupakan motivasi ekstrinsik selanjutnya. Orang tua sebagai sosok hebat yang telah mendidik saya menjadi wanita yang terbiasa mandiri. Maka kebahagiaan mereka lah salah satu tujuan saya.
Perencanaan yang telah saya buat dan langkah-langkah yang saya lakukan adalah usaha untuk mencapai cita-cita saya. Hal ini seperti yang telah dikemukakan oleh teori Vroom, bahwa seseorang akan berusaha untuk mencapai harapan mereka.
Demikian beberapa teori tentang motivasi dari kehidupan saya.
*catatan kuliah manajemen

Komentar